ASSALAMUALAIKUM WELCOME IN MY BLOG

Thursday, September 3, 2015

Blender

1. Kelebihan dan kekurangan Blender & 3Ds Max
Kelebihan aplikasi Blender :
·         Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
·         Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux Tidak berat saat melakukan render
·         Dan mudah untuk digunakan
Kekurangan aplikasi Blender :
·         Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
·         Tampilan cukup berantakan Semua proses dilakukan dengan manual
Kelebihan aplikasi 3D Max :
·         Hasil yang dihasilkan dengan 3D Max lebih bagus dari pada aplikasi lainnya
·         Dapat menambahkan fitur efek-efek khusus seperti efek cahaya, bayangan, kabut dll
·         Dapat menjalankan proses animasi sesuai dengan keinginan pengguna Tools yang dimiliki banyak dan support oleh banyak program lainnya
Kekurangan aplikasi 3D Max :
·         Untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Kamera yang terdapat di 3D Max sulit untuk di atur.

2. Langkah membuat meja kursi dengan aplikasi Blender :

A. Buka aplikasi Blender  



B. Setelah masuk aplikasi maka tampilannya akan seperti ini 


     Pertama-tama , kita bentuk kubus tersebut menjadi bentuk atas/permukaan mejanya. Yaitu dengan menggunakan shortcut tombol :
S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan  berdasarkan sumbu X
S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdassarkan sumbu Y Maka , jadilah bentuk seperti ini.


                          C.   Tahap selanjutnya yaitu membuat kaki meja sebagai penyangganya. Pertama 
                                 masuk ke edit mode , pilih di menu pada bagian bawa, lalu klik edit mode.  


D.      *Edit mode ini adalah mode yang digunakan untuk proses pengeditan dari bentuk-bentuk yang ada. Setelah masuk ke edit mode, kita akan membuat bagian-bagian dari permukaan meja tadi. caranya dengan menggunakan shortcut CTRL + R . Kemudian atur bagian-bagian yang yang akan dibagi.   *untuk mengatur banyaknya bagian , gunakan sroll keatas dan bawah pada mouse  Klik crtl+ R  dan  klik kiri pada mouse jika sudah sesuai .


E.      Kemudian membuat bagian di sisi sebaliknya ,dengan cara yang sama.maka jadilah seperti gambar berikut: 


F.      Setelah bagian-bagian sudah terbentuk , kita tag bagian- bagian yang akan digunakan sebagai kaki meja. Pertama kita ubah viewnya pada bagian bawah permukaan meja, caranya dengan mengklik tombol scroll pada mouse dan menahannya lalu menggerakknya. Setelah itu pada bagian bawah program , pilih face select . Face select ini digunakan untuk menyeleksi atau mentag bagian-bagian permukaan.



G.      Kemudian tag bagian bagian yang akan dijadikan kaku meja, dalam hal ini saya menggunakan ujung-ujung permukaan. untuk melakukan tag gunakan tombol shift+ klik kanan.



H.      Terakhir , tekan tombol E untuk memanjangkan bagian-bagian tadi, arahkan mouse kebawah dan aturlah panjang kaki meja yang kita inginkan. Jika sudah sesuai , klik kanan pada mouse. Maka jadilah seperti ini:


I.      Untuk melihat objek meja yang sudah kita buat , ubah mode menjadi object mode.
Selanjutnya adalah pembuatan object bangku/kursi. Pertama , kita buat objek baru dengan cara masuk ke object ,  pilih craeate di menu samping kiri program , lalu pilih cube untuk membuat objek kubus.


J.      Setelah kubus dibuat , kita bentuk bagian permukaan bangku persegi dengan mengatur lebar, pipih, tebal  menggunakan shotrcurt yang ditas sudah dijelaskan. Sehingga berbentuk seperti ini.   


K.      Setelah itu kita bagi objek tersebut menjadi beberapa bagian dengan  masuk ke edit mode, lalu tekan CTRL  + R. Maka jadilah seperti berikut: 


L.      Berikutnya kita tag bagian-bagian yang akan ditonjolkan untuk dijadikan kaki dan sandaran kursi dengan menggunaka face select. Jika sudah ditandai , tekan tombol E untuk menonjolkan bagian dan klik kanan pada mouse jika sudah sesuai. Maka jadilahkursi yang kita inginkan. 


M.    Untuk menambah jumlah kursi  dengan bentuk yang sama , cukup duplikat obek tersebut. Dengan cara masuk ke objek mode , lalu pada menu tools di samping kana program pilih duplicate. Gunakan tombol G untuk memindahkan objek dengan mudah. Gunakan tombol R untuk merotasi bangku. Maka jadilah objek meja dan kursinya :) 

Dan ini.. 


SELAMAT MENCOBA :)

3.       Aplikasi-aplikasinya
·         Kesatu: Autodesk Maya
·         Kedua: Mcgegas
·         Ketiga: 3ds Max
·         Keempat: Blender.
·         Kelima: Cinema 4D
·         Keenam: Poser
·         Ketujuh: Zbrush
·         Kedelapan: Mudbox
·         Kesembilan: Carrara
·         Kesepuluh: Aurora 3D
4.       Aplikasi software
a. Adit & Sopo Jarwo menggunakan aplikasi Blender
b. Kabayan menggunakan aplikasi MC Gegas
c. Si Entong menggunakan aplikasi Blender
d. Keluarga Somat menggunakan aplikasi -

Sumber :

http://www.blogsejutaumat.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-blender-3d-max-autocad.html
http://www.idseducation.com/articles/software-animasi-3d-yang-banyak-digunakan-animator-profesional/

No comments:

Post a Comment