ASSALAMUALAIKUM WELCOME IN MY BLOG

Thursday, September 3, 2015

Fotografi

PENGENALAN FOTOGRAFI

A. Pengertian Fotografi
Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya.

B. Sejarah Fotografi
Foto pertama dibuat pada tahun 1826 selama 8 jam. Louis Jacques mande Daquerre merupakan bapak fotografi dunia (1837) Kamera Obcura merupakan kamera yang pertama kali yang dipakai untuk menggambar kemudian memotret. Kamera Kodak (Eastmant Kodak) pertama kali ditemukan oleh Snapshooter 1888 di Amerika. Konstribusi fotografi ke dunia film pertama kali di pelopori oleh Eadward Muybridge. Flas atau lampu kilat pertama kali ditemukan oleh Harold E. Edgerton pada tahun 1938.Memotret benda-benda mati disebut dengan still life. Penemu negative film John Hendri Fox Talbot dari inggris. Negatif film tersebut di buat selama 40 detik dibawah terik matahari. 

C. Sejarah Fotografi di Indonesi
Dimulai pada tahun 1857, pada saat 2 orang juru foto Woodbury dan Page membuka sebuah studio foto di Harmonie, Batavia. Masuknya fotografi ke Indonesia tepat 18 tahun setelah Daguerre mengumumkan hasil penelitiannya yang kemudian disebut-sebut sebagai awal perkembangan fotografi komersil. Studio fotopun semakin ramai di Batavia. Dan kemudian banyak fotografer professional maupun amatir mendokumentasikan hiruk pikuk dan keragaman etnis di Batavia.

D. Jenis-jenis Fotografi beserta contoh gambarnya :

1. Landscape Fotografi
Landscape fotografi banyak dicari oleh rumah media. Kamu dapat menemukan karya-karya landscape foto yang keren di “National Geographic” 



 2. Wildlife Fotografi
Perilaku hewan di alam liar juga merupakan objek bagi wildlife photography. sebagian foto-foto ini dicetak dalam jurnal dan pemeran.



3. Aerial Fotografi (Foto Udara)
Adalah jenis fotografi di mana foto diambil dari udara dengan menggunakan pesawat, balon udara, parasut atau diambil dari atas gedung pencakar langit.



4. Sports Fotografi
Ini genre fotografi mengkhususkan diri dalam menangkap momen yang menentukan dalam sebuah acara olahraga. Fotografi olahraga adalah salah satu jenis fotografi yang sulit, karena membutuhkan banyak latihan dan peralatan yang memadahi.



5. Portrait Fotografi
Salah satu jenis fotografi dengan umur paling tua adalah fotografi potrait. Fotografi potrait adalah segala hal mengenai menangkap suasana hati seseorang dengan penakanan ekspresi.



6. Architectural Fotografi
Fotografi arsitektur adalah fotografi yang berkaitan dengan mengambil foto sebuah struktur rumah atau bangunan dari sudut yang berbeda. 



7. Wedding /Event Fotografi
Foto pernikahan atau sebelum pernikahan.



8. Fashion Fotografi
Fotografi fashion ialah memotret model dengan pencahayaan yang glamour dan juga selain model fotografer memotret item fashion seperti tas, baju, sepatu, aksesoris, atau make up. 



9. Macro Fotografi
Fotografi makro adalah jenis fotografi di mana gambar dibidik dengan kisaran lebih dekat untuk menampilkan rincian materi subjek yang ingin ditonjolkan.



10. Baby/Family Fotografi
Fotografi Bayi / keluarga adalah jenis fotografi lain yang populer. Fotografi Bayi / keluarga dilakukan ketika keluarga biasanya baru saja mendapatkan bayi yang baru lahir. 



11. Analog Photograpy
Fotografi analog fotografi yang menggunakan media perekaman semakin berubah , yang dapat berupa proses kimia berdasarkan ( misalnya , film fotografi atau piring ) atau elektronik ( misalnya , vidicon atau sensor CCD ) .



12. Night Photograpy
Fotografi yang dilakukan di malam hari untuk memotret suasana malam.



13. Flower Photograpy
Fotografi yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak hanya untuk mengabadikan ini . 



14. Glamour Photograpy
memotret model dengan penekanan pada model dan seksualitas model dan daya tarik, dengan apapun, mode pakaian, produk atau lingkungan yang terkandung dalam gambar menjadi pertimbangan minor.



15. Lomography
 Sebuah bagian dari fotografi analog yang menggunakan kamera khusus yang disebut dengan kamera LOMO. LOMO sendiri merupakan singkatan dari Leningradskoye Optiko-Mechanichesckoye Obyedinenie (Penggabungan Mekanis Optik Leningrad). 



16. Stock Photograpy
Adalah penyediaan foto , yang sering berlisensi untuk kegunaan tertentu . Hal ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan tugas kreatif bukan menyewa seorang fotografer , sering untuk biaya yang lebih rendah . 



17. Travel Photograpy
Adalah subkategori fotografi melibatkan dokumentasi dari daerah lanskap , orang , budaya , adat istiadat dan sejarah.  



18. Candid Photograpy
Candid adalah poto yang tidak diatur posenya. 



19. Panning Photograpy
Adalah salah satu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan benda yang bergerak. 



20. Panoramic Photograpy
 Adalah gambar yang melukiskan pandangan umum atau secara luas tentang sebagian wilayah sesuatu negeri. 



21. Cloudscape photography
Fotografi awan atau langit. Sebuah Cloudscape fotografer awal , fotografer Belgia Leonard Misonne (1870-1943) , tercatat untuk foto hitam dan putih dari langit berat dan awan gelap .



Sumber : 

https://drive.google.com/file/d/0B0EfApU2K0szNmJIUklqb3dOakU/view?pli=1 
https://drive.google.com/file/d/0B0EfApU2K0szVXRWb3pKa2l1djg/view?pli=1 
https://drive.google.com/file/d/0B0EfApU2K0szcWdrdTdleVkwX28/view?pli=1 
https://www.google.com/search?q=wildlife+photography&tbm=isch#imgrc=A4DSUdtyi-uASM%3A 

No comments:

Post a Comment